Monday, March 8, 2021

Konsep Dasar Jaringan Komputer dan Komunikasi Data


Apakah anda pernah bertanya-tanya tentang bagaimana suatu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya ? Atau dapat terhubung dengan device yang berbeda ? Bagaimana anda dapat mengakses, mengunduh dan berbagi berbagai file dari server situs web yang terletak di tempat yang berbeda atau bahkan di negara atau benua yang berbeda ?

Hal ini dapat terjadi berkat adanya jaringan komputer. Apa sih itu jaringan komputer ? Bagaimana sejarah jarngan komputer ini ? Nahh didalam artikel ini kita akan membahas konsep - konsep dasar jaringan. mulai dari apa itu definisi dan sejarah jaringan komputer, prinsip dan komponen komunikasi, karakteristik jaringan, perangkat jaringan, dan daftar istilah yang digunakan dalam jaringan komputer.

Definisi Jaringan Komputer 

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer, LAN Card, atau peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Yang memungkinkan perangkat perangkat tersebut berkomunikasi serta membagi sumber daya dan informasi yang ada. Informasi dan data bergerak melalui kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama - sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. 

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer bermula dari gagasan untuk menggunakan satu buah komputer secara bersama-sama. Proyek ini dijalankan di Laboratorium Bell dan sekelompok periset dari Universitas Harvard yang dikepalai oleh Howard Aiken.

Pada tahun 1950, ketika super komputer berhasil ditemukan, satu komputer harus mampu melayani beberapa terminal sekaligus. Saat itulah sistem TSS (Time Sharing System) ditemukan. Ini merupakan momen penting ketika jaringan komputer pertama kali diaplikasikan dimana beberapa komputer terhubung dalam suatu jaringan.

Pada Tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengadakan riset yang bertujuan untuk membentuk jaringan organik antar komputer. Program ini dinamakan ARPANET. Tahun 1970, lebih dari 10 komputer berhasil terhubung dan bisa saling berinteraksi. Pada tahun ini pula konsep TSS digantikan dengan Konsep Proses Distribusi (Distribution Processing).

Pada Tahun 1972, program surat elektronik (E-mail) berhasil diselesaikan oleh Roy Tomlinson untuk ARPANET. Dalam waktu singkat, program ini pun berkembang luas dan langsung meraih popularitas. Pada tahun ini pula ikon ‘at’ (@) pertama kali diperkenalkan.

Tahun 1973, jaringan ARPANET mulai diperluas ke luar Amerika Serikat. Sebuah komputer milik University College di London menjadi komputer pertama yang bergabung dengan jaringan ARPANET dari luar Amerika.

Di tahun yang sama, gagasan untuk membangun International Network (internet) pun dipresentasikan di Universitas Sussex oleh Vinton Cerf dan Bob Kahn. Sejak saat itu, jumlah komputer yang tersambung terus bertambah dan penggunaan jaringan pun merambah ke berbagai sektor.

Pada tahun 1982, Transmission Control Protocol (TCP) yang juga sering disebut sebagai Internet Protocol (IP) ditemukan. Protokol ini digunakan sebagai protokol resmi seiring dengan semakin banyaknya komputer yang terhubung ke jaringan.

Tahun 1984, Domain Name System (DNS) ditemukan. Pada saat itu, jumlah komputer yang terhubung ke jaringan sudah mencapai 1000 lebih. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1987, jumlah ini melonjak tiga kali lipat hingga mencapai lebih dari 10.000 komputer saling tersambung.

Tahun 1988, Jarkko Oikarinen dari Finlandia memperkenalkan Internet Relay Chat (IRC) untuk berkomunikasi secara langsung menggunakan media teks (chatting). Berkat IRC, setahun kemudian jumlah komputer yang terhubung ke jaringan kembali mengalami pelonjakan sepuluh kali lipat hingga mencapai angka 100.000.

Momen paling bersejarah terjadi pada tahun 1990 ketika Tim Berners Lee mencetuskan program World Wide Web (WWW). Program ini digunakan untuk menjelajahi komputer lain dengan membentuk jaringan. Anda pasti sudah familiar dengan imbuhan www di bagian awal setiap alamat web.

Tahun 1992, jumlah komputer yang tersambung sudah lebih dari satu juta. Pada tahun itu pula istilah surfing mulai populer yang merujuk pada aktivitas berselancar di internet. Jumlah situs web juga sudah mencapai lebih dari 3000 halaman. Tahun ini pula Yahoo! didirikan serta untuk pertama kalinya aktivitas berbelanja secara online mulai diperkenalkan.

Prinsip Dasar Komunikasi

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang hidup dan menjalankan seluruh aktivitasnya sebagai individu dalam kelompok. Dalam kehidupan sehari hari setiap menusia berinteraksi dengan tujuan membangun relasi, transaksi dan lain sebagainya. Itulah sebabnya manusia tidak dapat menghindari komunikasi antar personal, komunikasi dalam kelompok, komunikasi dalam organisasi dan publik, dan komunikasi massa.

Komunikasi adalah proses pengoperasian rangsangan (stimulus) dalam bentuk lambang, simbol bahasa, atau gerak (non verbal), untuk memengaruhi perilaku orang lain. Proses komunikasi yang menggunakan stimulus atau respon dalam bentuk bahasa baik lisan maupun tulisan selanjutnya disebut komunikasi verbal. Sedangkan apabila proses komunikasi tersebut menggunakan simbol-simbol tertentu disebut komunikasi non verbal.

Menurut Winnet (2004) dalam Liliweri (2009), komunikasi adalah segala aktivitas interaksi manusia yang bersifat human relationships disertai dengan peralihan sejumlah fakta-fakta. Secara sederhana dapat dikatakan komunikasi adalah interaksi atau transaksi antara dua orang.

Komponen Komunikasi

Terjadinya komunikasi yang efektif antara pihak satu dengan pihak lainnya, antara kelompok satu dengan yang lain, atau seseorang dengan orang lain memerlukan keterlibatan beberapa komponen komunikasi, yaitu komunikator, komunikan, pesan, media, dan efek.

Menurut Effendy O.U (2002), Komponen dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Komunikator adalah orang yang memprakarsai adanya komunikasi. Prakarsa timbul karena jabatan, tugas, wewenang dan tanggung jawab ataupun adanya suatu keinginan atau perasaan yang ingin disampaikan. Komunikator juga disebut sebagai sumber berita.

  2. Komunikan adalah orang yang menjadi objek komunikasi, pihak yang menerima berita atau pesan dari komunikator. Komunikasi yang juga disebut sebagai sasaran atau penerima pesan adalah orang yang menerima pesan, artinya kepada siapa pesan tersebut ditujukan.

  3. Pesan adalah segala sesuatu yang akan disampaikan dapat berupa ide, pendapat, pikiran, dan saran.  Pesan pada dasarnya adalah hasil pemikiran atau pendapat sumber yang ingin disampaikan kepada orang lain. Penyampaian pesan banyak macamnya, dapat dalam bentuk verbal ataupun non verbal seperti gerakan tubuh, gerakan tangan, ekspresi wajah, dan gambar.

  4. Media adalah segala sarana yang digunakan oleh komunikator untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain. Dengan demikian saluran komunikasi dapat berupa panca indera manusia maupun alat buatan manusia. Media disebut juga alat pengirim pesan atau saluran pesan merupakan alat atau saluran yang dipilih oleh sumber untuk menyampaikan pesan kepada sasaran.

  5. Efek atau akibat (dampak) adalah hasil dari komunikasi. Hasilnya adalah terjadi perubahan pada diri sasaran.

Komunikasi pada hakikatnya adalah suatu proses sosial. Sebagai proses sosial, dalam komunikasi selain terjadi hubungan antar manusia juga terjadi interaksi saling memengaruhi. Dengan kata lain komunikasi adalah inti dari semua hubungan sosial.

Karakteristik Jaringan Komputer

Karakteristik jarngan komputer dapat dibedakan menjadi 5 bagian, yaitu :

  1. Berdasarkan Jangkauan Geografis 

    1. Local Area Network (LAN)

    Local Area Network (LAN) adalah jenis jaringan yang digunakan untuk kepentingan pribadi atau organisasi kecil dimana seluruh komputer terletak di satu lokasi yang sama. Luas jangkauan suatu jaringan LAN mencapai 10 kilometer. Jaringan ini biasanya digunakan untuk pertukaran data internal dan penggunaan perangkat secara bersama-sama seperti printer dan scanner.

    2. Metropolitan Area Network (MAN)

    Metropolitan Area Network (MAN) mencakup wilayah yang lebih luas hingga 50 kilometer dan menghubungkan banyak lokasi sekaligus. Kabel fiber optic menjadi kabel transmisi yang paling diandalkan untuk jenis jaringan ini.

    3. Wide Area Network (WAN)

    Wide Area Network (WAN) merupakan jenis yang paling luas cakupan geografisnya. Jaringan ini menghubungkan berbagai wilayah di seluruh dunia. Jenis jaringan ini digunakan oleh organisasi yang sudah bertaraf internasional. Satelit merupakan media transmisi utama untuk jenis jaringan ini, walaupun banyak juga yang mengandalkan kabel fiber optic lintas negara.

  2. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data

    1. Jaringan Terpusat

    Jaringan Terpusat terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server.

    2. Jaringan Terdistribusi

    Sedangkan Jaringan Terdistribusi merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.

  3. Berdasarkan Media Transmisi Data

    1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

    Pada jaringan berkabel untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

    2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

    Jaringan Nirkabel merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

  4. Berdasarkan Peranan Komputer dalam Proses Data

    1. Jaringan Client dan Server

    Pada jaringan client dan server terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.

    2. Jaringan Peer To Peer

    Pada jaringan peer to peer tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.

  5. Berdasarkan Topologi Jaringan

    1. Topologi Bus

    Topologi Bus adalah jenis topologi yang sangat banyak digunakan sampai sekarang. Setiap komputer dihubungkan melalui kabel sepaksi dimana kedua ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator.

    Kendala paling besar dari topologi bus adalah kesulitan mengukur kecocokan kabel sepaksi. Penggunaan kabel yang tidak cocok akan merusak Network Interface Card (NIC) sehingga mengurangi kinerja jaringan.

    2. Topologi Bintang

    Topologi Bintang menggunakan switch/hub untuk menghubungkan dan mengatur distribusi data. Jadi, kabel jaringan tidak terhubung antar komputer, tetapi terhubung ke switch yang sering dilambangkan berada di tengah sehingga membentuk bintang.

    Permintaan dari client akan ditampung di switch untuk diteruskan ke server. Dengan demikian, resiko tabrakan data dapat diantisipasi oleh switch sebagai pengatur komunikasi antar komputer.

    3. Topologi Ring atau Cincin

    Topologi Ring atau Cincin dibuat dengan menghubungkan satu komputer ke dua komputer lain. Jika digambar secara melingkar, maka desain topologi ini akan membentuk sebuah lingkaran seperti cincin.

    Setiap titiknya berperan sebagai penguat sinyal (repeater) sehingga data yang dikirimkan dapat diterima secara utuh oleh komputer tujuan.

    4. Topologi Mesh

    Topologi Mesh atau topologi jala adalah jenis jaringan dimana setiap komputer terhubung langsung ke semua komputer dalam satu jaringan. Tidak seperti topologi cincin, topologi mesh memungkinkan komunikasi langsung antar dua komputer tanpa diperantarai oleh komputer lain.

    Dengan begitu, pertukaran data akan menjadi lebih cepat. Selain itu, kerusakan di salah satu jalur tidak akan mengganggu jalur yang lain.

    5. Topologi Tree atau Pohon

    Topologi Tree atau Pohon adalah kumpulan dari beberapa topologi bintang yang disatukan ke dalam satu topologi bus. Contohnya seperti di supermarket yang terdiri dari beberapa topologi bintang seperti terminal penjualan, terminal pembukuan, dan lain sebagainya.

    Secara keseluruhan, kumpulan dari topologi bintang ini didesain dengan topologi bus sehingga membentuk sebuah topologi pohon.

    6. Topologi Linier

    Topologi Linier sering juga disebut dengan topologi bus beruntut. Jenis topologi ini cukup sederhana dan hemat biaya dengan mengandalkan satu kabel utama untuk menghubungkan semua titik.

    Pengembangan dan perbaikannya pun relatif mudah. Tapi jenis topologi ini hanya cocok digunakan untuk skala kecil yang terdiri tidak lebih dari 7 komputer, serta membutuhkan tambahan repeater untuk transmisi data jarak jauh.

Perangkat Jaringan Komputer

Beberapa perangkat jaringan yang paling banyak digunakan adalah :

  1. Router

    Router adalah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antar jaringan. Router sangat dibutuhkan untuk topologi yang kompleks dan terdiri dari beberapa terminal. Dengan adanya router, komputer-komputer tetap dapat berinteraksi meskipun berada di terminal yang berbeda.

  2. LAN Card

    LAN Card adalah perangkat untuk menghubungkan komputer ke jaringan melalui media kabel. Semua komputer yang beredar saat ini pasti sudah dilengkapi dengan LAN Card. Anda juga bisa memasang LAN Card tambahan dengan menggunakan slot ISA atau PCI Express yang terdapat di motherboard.

  3. Server

    Server adalah komputer khusus yang digunakan sebagai penyedia layanan. Dalam sistem client-server, fungsi server sangatlah vital karena harus melayani banyak client secara bersamaan. Karena tugas yang berat itulah sebuah server harus didukung dengan spesifikasi hardware yang mumpuni serta sistem operasi yang dirancang khusus untuk komputer server.

  4. Switch

    Switch adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus. Semua komputer yang terhubung ke switch melalui kabel dapat saling berkomunikasi. Tugas lain dari Switch adalah untuk mengatur distribusi data dan mencegah terjadinga data collision (tabrakan data).

  5. Wireless Card

    Wireless Card adalah perangkat yang wajib digunakan jika ingin terhubung ke jaringan nirkabel. Komputer-komputer keluaran terbaru biasanya sudah menyematkan Wireless Card. Anda juga bisa menambahkan Wireless Card sendiri jika perangkat Anda belum dilengkapi dengan perangkat ini.

  6. Bridge

    Perangkat Bridge ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga bisa dipergunakan pada perangkat lain. Dalam kinerja Bridge ini ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan, baru kemudian bridge membuat tabel otomatis. Kelebihan perangkat bridge ini ialah ia bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau disaring.

  7. Hub

    Hub pada komputer gunanya untuk membagi server ke jaringan lain, adapun kelemahan dari Hub ini ialah jika ia rusak maka transmisi jaringan ke komputer juga tidak dapat berjalan dengan begitu dia tidak dapat mengatur kecepatan data yang di kirimkan ke komputer lainnya.

    Prinsip kerja hub ialah dengan cara menyalin sekumpulan / paket data dari sebuah sumber yang tersambung dengan port pada hub itu dan membagikan kepada seluruh port yang tersambung dengan hub tersebut.

  8. Konektor

    Konektor merupakan sebuah alat yang menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Keberadaan konektor ini juga sangat vital bagi perangkat komputer sebab jika tidak ada alat tersebut maka komputer juga tidak dapat dioperasikan dengan semestinya.

    Ada beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya adalah :

    1. Konektor RJ-45 digunakan untuk kabel UTP
    2. Konektor BNC/T digunakan untuk kabel Coaxial
    3. Konektor ST digunakan untuk kabel Fiber Optic

Daftar Istilah Jaringan Komputer

Terdapat banyak sekali istilah dalam dunia jaringan komputer. Berikut adalah beberapa istilah dalam jaringan komputer yang sering digunakan.

  1. ISP

    ISP yang merupakan singkatan dari Internet Service Provider adalah perusahaan penyedia layanan internet. Dari ISP inilah kita dapat mengakses internet.

  2. IP Address

    Internet Protocol Address adalah suatu alamat numerikyang terdapat pada komputer dalam suatu jaringan. Apabila komputer ingin terkoneksi dengan jaringan, maka setiap komputer harus memiliki ip address, dan ip address tersebut tidak boleh sama.

  3. Gateway

    Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk suatu menghubungkan suatu jaringan agar dapat terhubung dengan satu atu lebih jaringan lainnya. Bisa dikatakan gateway ini merupakan pembuka jalan agar komputer dapat terhubung dengan komputer lain yang berada pada jaringan yang berbeda.

  4. NAT

    Network Address Translation atau NAT, digunakan oleh router untuk berbagi suatu alamat ip ke berbagai perangkat. Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki sebuah router nirkabel/wireless yang menciptakan jaringan Wifi yang terkoneksi ke perangkat seperti laptop, smartphone, tablet dan lain – lain. ISP Anda hanya memberikan satu alamat IP yang dapat diakses dari mana saja di intenet, ip ini disebut IP Publik.

    Router Anda membuat sebuah LAN dan memberikan sebuah alamat IP lokal ke perangkat Anda. Router kemudian berfungsi sebagai Gateway. Sehingga seolah – olah Anda memiliki satu perangkat (router) yang memiliki ip address.

  5. DHCP

    Dynamic Host Configuration Protocol memungkinkan komputer dapat meminta atau diberikan IP Address secara otomatis. Sebagai contoh, pada saat Anda menggunakan perangkat laptop atau smartphone untuk terhubung ke jaringan WiFi, perangkat anda akan secara otomatis meminta IP dari Router dan Router akan memberikannya secara otomatis. Ini terlihat lebih sederhana dari pada menggunakan IP Statik yang harus mengisi ip secara manual.

  6. Hostname

    Hostname adalah sebuah label yang menunjuk ke sebuah perangkat yang terhubung ke jaringan. Mislanya pada jaringan rumah Anda, hostname komputer windows anda mungkin WindowsPC. Perangkat yang lain dapat terhubung ke Windows PC dan akan menunjuk pada alamat IP lokal komputer itu.

  7. DNS

    Domain Name System adalah bagaimana komputer dapat menerjemahkan nama domain atau host ke alamat ip. Misalnya, pada address bar browser anda tulis pintarkomputer.com, komputer anda langsung menghubungi DNS Server, dan DNS Server akan menjawab dengan alamat ip yang berupa numerik, sehingga komputer Anda dapat terhubung.

  8. Ethernet

    Ethernet merupakan standart teknologi yang digunakan hampir pada seluruh jaringan kabel. Jika komputer Anda terhubung ke jaringan kabel, kemungkinan itu menggunakan kabel Ethernet. Kabel yang dihubungkan ke port ethernet pada komputer Anda.

  9. Network Interface / Network Adapter

    Network Interface adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghubungkan komputer pada suatu jaringan. Contohnya adalah Ethernet Card dan Wifi.

  10. Localhost

    Hostname “localhost” adalah nama host yang digunakan untuk komputer itu sendiri. Localhost itu sendiri menunjuk pada alamat ip 127.20.0.1.

  11. Port

    Ketika sebuah aplikasi ingin mengirim atau menerima lalu lintas, itu harus menggunakan port bernomor 1 sampai dengan 65535. Standar HTTP menggunakan port 80.

  12. Protocol – TCP, UDP, ICMP, dll

    Protokol adalah standar yang mengatur terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua komputer atau lebih.

  13. PACKET

    Packet adalah sebuah satuan yang dikirim antar perangkat pada jaringan. Misalnya ketika anda memuat sebuah halaman web, maka komputeranda mengirim packet ke server meminta halaman web dan server merespon permintaan tersebut sehingga server mengirim data web tersebut ke komputer Anda yang pada akhirnya akan tampil halaman web pada komputer Anda.

  14. Firewall

    Firewall adalah sebuah software yang berfungsi untuk memblok jenis lalu lintas tertentu. Misalnya firewall bisa memblokir lalu lintas dari port tertentu dan membiarkan yang lainnya lewat, atau bisa juga membiarkan lalu lintas dari port tertentu dan memblokir yang lainnya.

  15. HTTP

    Hypertext Transfer Protocol adalah protokol standar web browser. Terdapat pada Application Layer pada OSI Layer.

Demikian artikel dari saya berkenaan dengan jaringan komputer dan komunikasi data, mulai dari apa itu definisi dan sejarah jaringan komputer, prinsip dan komponen komunikasi, karakteristik jaringan, perangkat jaringan, hingga daftar istilah yang digunakan dalam jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. 


EmoticonEmoticon